Hati hati dengan warga negara kulit hitam
Africa , haiti , zimbabwe, Togo atau sebagainya
karena sering kali mereka adalah PENIPU
dan hati hati dengan orang yang mengaku dari
KEDUTAAN Africa

Anda punya tokek mau dijual, mau jual tokek
email ke : redaksi9@gmail.com
..<< = Agro Bisnis = >>..

Saturday, May 29, 2010

Memelihara Kelinci Dan Jual Kelinci

Tips Memelihara Kelinci:
Kandang

* Usahakan kandang tidak lembab terjaga dari cuaca yang tidak bersahabat seperti:hujan,panas matahari dan hembusan angin secara langsung.

* lantai kandang selalu dijaga kebersihannya karena sanitasi kandang yang kurang terjaga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.Usahakan lantai kandang yang nyaman untuk kelinci seperti dari bambu dan kotoran bisa jatuh kepenampungannya


* Jumlah kelinci dalam kandang disesuaikan dengan luas kandang karna kandang yang sempit dengan kapasitas kelinci yang banyak sehingga terbatasnya ruang gerak kelinci dapat menimbulkan stres untuk kelinci dan biasanya kalau strees timbul penyakit yang ujungnya kematian

Makanan

* jangan berikan sayuran dalam bentuk "segar",pastikan harus dalam keadaan layu dan tidak busuk (jangan diberikan langsung dari lemari es).
Proses pelayuan berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar,juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret(kecuali kelinci anda makan tumbuh-tumbuhan dari alam bebas)

* Untuk pakan tambahan(konsentrat) bisa anda berikan pelet khusus kelinci
atau bisa juga diberikan bekatul yang dicampur dengan sayuran dan ampastahu diberi air sedikit-diaduk lalu diberikan ke kelinci

*Untuk urusan yang satu ini masih menimbulkan pertanyaan,kelinci boleh diberi air minum/tidak?
menurut kami...boleh.Rumput dan hijauan segar yang masih muda mengandung kadar air lebih dari 80%.kalau seekor kelinci memakan hijauan sebanyak 5kg perhari,yang 4kg (4 liter) adalah air.dari sinilah air minum kelinci terpenuhi(Kelinci potong dan hias,BSarwono).Karna kami tidak memberikan makanan untuk kelinci-kelinci kami 100% sayuran maka kebutuhan air minum untuk kelinci yang di beri pakan tambahan konsentrat,mutlak adanya.

Faktor-faktor tambahan yang juga tidak kalah pentingnya yang perlu anda ketahui selain faktor-faktor diatas ialah;

*Lepaslah kelinci anda dihalaman(terutama kelinci umur 2 bulanan),biarkan mereka bermain dan memilih memakan hijauan yang ada karna dengan begitu mereka terhindar dari stress.Bila sudah sore masukan kelinci kekandang lagi dan begitu seterusnya,awas hati-hati dengan predator yang dapat membahayakan kelinci anda.

*Usahakan bila kelinci Rekan-rekan masih kecil jangan terlalu banyak digendong dan dipegang-pegang karna sekali lagi bila kelinci merasa tidak nyaman akan timbul stress dan ujung-ujungnya mati.

Juragan semuanya,kami punya tips untuk kelinci juragan yang terserang mencret:

Biasanya sebelum kelinci terserang mencret atau kembung si kelinci dah terlihat suka menyendiri,lemas dan matanya sayu,nah kalau dah terlihat seperti itu buruan deh dikasih pertolongan pertama sebelum semuanya terlambat.
jika kelinci anda terkena mencret cair mungkin ramuan dibawah ini bisa menjadi acuan:

* 3 pupus daun jambu klutuk
* 3 pupus daun delima
* pupus daun pisang secukupnya
* Garam sepucuk sendok teh
* Madu satu sendok teh

semua ramuan diatas kecuali garam&madu ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya.campurkan sedikikt air hangat dan madu minumkan kekelinci secara oral untuk lebih mudahnya juragan bisa pake pipet,jarum suntik(tanpa jarum) atau sendok.kelinci dalam keadaan sakit seperti ini tentunya malas untuk makan jadi juragan harus semaksimal mungkin memasukan makanan.(ramuan tersebut diatas mungkin bisa menyembuhkan,mungkin tidak.tapi tidak beresiko)
kalau menurut cerita anda,kelinci anda sepertinya terserang penyakit kulit(scabies).ciri-cirinya kulit kelinci anda terlihat seperti korengan dan gatal sehinga kelinci anda sering menggaruk-garuk(hati-hati menular ke manusia).kalau tidak cepat ditanggulangi bisa merambat keseluruh tubuh kelinci anda....dan yang terparah mati!!
*pisahkan kelinci anda(agar tidak menular) dari kelinci-kelinci yang lain.
*bersihkan penyakit kulitnya dengan sabun anti septik.....lalu keringkan
*anda bisa oleskan salep belerang (beli di apotik) atau minyak tawon atau anda bisa ke pet shop beli obat salep kulit untuk binatang (kalau tidak salah eja; scambicid)
* atau cara terakhir suntik kulit dengan obat worm mectin(kalau tidak salah eja nama obatnya)
*atau bila anda ragu bawa kelinci anda ke dokter hewan
ok? semoga berguna..........good luck

Tips Memelihara Kelinci
Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula. Supaya jangan kejadian lagi setelah beli satu dua hari langsung mati. Kesian, nggak tega ngeliatnya. Kemaren beli kelinci mati melulu sampe 5 ekor. Setelah itu baru berhasil hidup. Sekarang udah gede. Nah, ini tipsnya:

1. Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena dia perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum pasti mati deh besoknya. Setelah umur 3-4 bulan baru dia bisa minum air.

2. Jangan kasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Alasannya sama seperti nomer satu.

3. Yah jangan sampe kedinginan lah. Apalagi kehujanan. Soale itu kelinci yang dijual di pinggir-pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.

4. Kasih aja kangkung segar, jangan ditumis loh :)) Atau kulit jagung muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.

5. Pengalaman kemaren, beli makanan kelinci di karfur berupa pelet, harganya mahal banget, bisa 50rb sekilo. Akhirnya kita kasih pelet ikan koi, yang warnanya merah jambu. Harganya cuman 10.000 perak aja. Udah gitu, dia lebih seneng pelet ikan koi ini daripada pelet kelinci yg di karfur. Belinya sih di tukang ikan hias. Nanti deh fotonya saya attached.

6. Kalo masih ada halaman. Kasih kesempatan dia ngelayap. Jadi pagi2 banget kasih makan kangkung dulu. Setelah dia kenyang, baru diumbar keluar. Biarin dia makan rumput2 liar di halaman. Dengan begini dia jadi gesit dan cepet sehat. Sebab kelinci yang dijual di pinggir jalan kadang udah sakit karena kelamaan dipajang. Setelah sore baru dikandangin.

7. Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. Itu kan kelinci hidup, bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja. Atau gendong anak tetangga aja.

8. Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat. Biar kotoran dan pipisnya langsung jatuh. Nggak membasahi kandang. sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.

9. Kalo beli anak kelinci sebaiknya yg kira2 ukurannya seumuran. kalo ada yg terlalu bongsor, nanti temennya keinjek-injek bisa mati.

10. Kalo beli yah jangan banyak2. Satu atau dua aja dulu. Nanti kalo udah bisa miaranya, baru mau nambah juga boleh.

11. Ati2 sama tikus wirok, alias tikus bandung yang kalo di kota gedenya bisa segede kucing kampung. Plus ati2 sama kucing. Dua2nya bisa melahap anak kelinci kita dengan gembira.

12. Yang hobi tanaman hias, siap2 tanamannya pada bondol semua.

13. Apalagi yah... kayaknya cukup deh. Oh ada satu lagi, kalo kira2 nggak sanggup memelihara, yah jangan beli. Kalo mati, kesian. Mereka kan makhluk hidup juga.

Alamat peternakan kami :

Jl Jati Raya No 59 Rt08/10 Pasar Minggu Jakarta-Selatan 12520
Telp: (021)9979 4500 / 0815 1316 1316

0 comments:

Share |

Lainlain

Topic Relation
PageRank Checker Join My Community at MyBloglog!
Free Online Ads
atau sedang membutuhkan atu memerlukan
Ingin penjual produk atau anda ingin membeli
Tulis Pesanan anda

Steam Coal | Industri Dan Niaga